Author: Dunia Purple
•7:30 AM
Organisasi Struktural Tubuh


Organisasi Struktural Tubuh

Organisasi struktural tubuh manusia berkembang dari tingkat terendah ( atom dan molekul) sampai tingkat lebih tinggi dan lebih kompleks untuk membentuk keseluruhan tubuh.

  1. Tingkat Kimia, atom seperti hydrogen, oksigen, karbon, nitrogen dan natrium, yang bergabung membentuk molekul seperti air dan garam serta makromolekul seperti karbohidrat, protein, dan lemak.
  2. Sel, merupakan unit dasar dari mahluk hidup dan struktur seluler seperti nucleus, ribosom, mitochondria, dan lisosom, menjalankan fungsi-fungsi pertahanan hidup sel.
  3. Jaringan, yaitu sekelompok sel dengan struktur yang sama dan melakukan fungsi yang sama. Ada 4 jenis jaringan dasar yaitu jaringan epitel, jaringan ikat, jaringan otot dan jaringan syaraf.
  4. Organ, adalah dua jaringan atau lebih yang bergabung membentuk satu Organ . sebuah organ berfungsi sebagai pusat fisiologi khusus untuk aktivitas tubuh.
  5. Sistem Organ, merupakan gabungan beberapa organ yang bekerja sama untuk melakukan fungsi saling berkaitan. sistem organ dalam tubuh meliputi integumen, rangka muskuler, syaraf, endokrin, kardiovaskuler, limfati, pernafasan, pencernaan, perkemihan dan sistem reproduksi.
Bidang Struktur Tubuh.

Terminologi dan arah mengenai posisi dan arah anatomi tubuh antara lain adalah bidang atau seksio dan posisi anatomi.
1. Bidang (seksio) tubuh
    Bidang tubuh merupakan bidang imajiner yang menembus tubuh untuk menunjukkan point-point rujukan. bidang ini terdiri dari:
  • Bidang satigal, yaitu bidang yang membagi tubug menjadi bagian kiri dan kanan.
  • Bidang frontal atau koronal, yaitu bidang yang membagi tubuh manjadi  yaitu bagian depandan belakang.
  • Bidang transfersal, yaitu membagi bagian tubuh menjadi atas dan bawah.

2 Posisi AnatomisTubuh

Posisi anatomis tubuh digunakan sebagai rujukan agar hubungan dengan seluruh bagian tubuh dapat dijelaskan, posisi ini antara lain adalah : 
a. Bagian Anterior dari tubuh, adalah bagian depan tubuh atau bagian perut (hidung merupakan anterior keseluruhan wajah)
b. Bagian Posterior, adalah bagian belakang tubuh ( bokong merupakan bagian posterior dari abdomen)
c. Bagian Superior, adalah bagian dari tubuh mengarah ke atau bagian yang tertinggi (kepala merupakan bagian superior dari leher)
d. Bagian Inferior, adalah bagian dari tubuh yang menjauhi kepala dan mengarah kebagian bawah tubuh ( dada merupakan bagian inferior dari leher
e. Bagian Medial, adalah bagian dari struktur tubuh yang terdekat dengan garis imajiner tubuh ( hidung merupakan bagian median dari mata)
f. Lateral , mengarah kesamping, menjauhi garis tengah imajiner tubuh (telinga merupakan bagian lateral dari mata)
g. Proksimal, mengacu pada bagian struktural yang mendekati garis tengah tubuh atau juka mengacu pada satu tungkai, maka mendekati titik asal atau titik perlekatan terdekat dengan trunkus ( siku adalah bagian proksimal dari pergelangan tangan)
h. Distal, bararti paling jauh dengan garis tengah imajiner atau menjauhi titik asal atau titik perlekatan dengan trunkus ( kaki merupakan bagian dari distal dari pergelangan kaki)
g. Superfisial. berarti setiap bagian manapun yang dekat permukaan tubuh ( kulit merupakan bagian superfisial dari otot
h. Dalam berarti terletak dibagian internal, di dalam tubuh ( usus halus terletak jauh lebih ke dalam tubuh dati otot-otot dan kulit abdominal)

3. Rongga Tubuh
Ruang dalam bagian aksial tubuh yang berisi organ-organ atau visera internal. ada 2 rongga utama yang terletak dalam bagian aksial tubuh yaitu, Rongga Dorsal dan Rongga Ventral.
1. Rongga Tubuh Dorsal
terletak dibagian posterior ( dorsal) dan terbagi menjadi rongga kranial dan rongga spiral
  • Rongga Kranial, dikelilingi oleh tulang dan berisi otak
  • Rongga Spiral, terbagi dari susunan tulang belakang serta berisi medulla spinalis
2. Rongga Tubuh Ventral
terletak dibagian anterior ( secara ventral) dan terbagi menjadi rongga thoraks dan rongga abdomen yang dipisahkan diafragma.
  •  Rongga Thoraks yaitu rongga dada yang terbagi menjadi rongga pleural kanan dan kiri, serta mediastinum.
  • Rongga Abdominopelvis ( peritoneal), berisi visera abdomen dan bidang pelvis
  • Rongga Kecil tambahan dibagian kepala yang meliputi rongga oral, rongga nasal, rongga telinga tengah dan rongga orbital untuk mata. 
4. Regio Abdomen Pelvis
Terdapat sembilan regio yang digunakan dalam ilmu anatomi untuk memfasilitasi rujukan struktur tubuh dan organ-organ internal lain.
regio tersebut antara lain adalah :
  • Regio umbilikal, yang terletak pada pusat abdomen
  • Regio epigastrium, yang berada dibagian superion dan regio imbilikus.
  • Regio hipogastrium, yang berada di bagian inferior regio umbilikus.
  • Regio hipokondrium, kanan dan kiri yang berposisi lateral terhadap regio epigastrium
  • Regio lumbal kanan dan kiri yang terletak lateral terhadap regio umbilikus
  • Regio inguinalis (iliaka) kanan dan kiri yang terletak lateral dari regio hipogastrium

This entry was posted on 7:30 AM and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 comments: