Author: Dunia Purple
•11:23 PM

PON XVIII Tahun 2012 Provinsi Riau

Pekan Olahraga Nasional XVIII Tahun 2012 Provinsi Riau dilaksanakan selama 12 (dua belas) hari. Upacara pembukaan diadakan pada hari Minggu tanggal 9 September 2012 dan penutupan akan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 20 September 2012.

Terpilihnya Provinsi Riau sebagai tuan rumah PON XVIII adalah merupakan jalan panjang, dimulai dengan niat Pemerintah Provinsi Riau untuk menjadi tuan rumah sebelumnya yang kemudian disampaikan dalam Rapat Paripurna Nasional (Raparnas) KONI di Denpasar 21 Februari 2006. Dalam rapat itu, Riau bersaing ketat dengan Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Jawa Tengah. Keseriusan Pemerintah Provinsi Riau yang didukung seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota se Riau menghasilkan penunjukan Provinsi Riau sebagai tuan rumah PON XVIII 2012 yang disampaikan dalam Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslub) KONI di Jakarta tanggal 12 Agustus 2006, sebagaimana yang diumumkan oleh Wakil Presiden RI Yusuf Kalla.

Waktu pelaksanaan pertandingan cabang olahraga secara umum dilaksanakan selama 12 (dua belas) hari yang dimulai pada tanggal 9 September 2012 hingga selesai pada tanggal 20 September 2012. Namun, apabila diperlukan dan untuk memenuhi kebutuhan teknis pertandingan, beberapa cabang olahraga dapat dilaksanakan lebih awal sebelum hari H pembukaan PON XVIII Tahun 2012 Provinsi Riau XVIII DI Riau sudah mulai berlangsung Sebanyak 4.874 atlet yang terdiri atas 2.944 putra dan 1.830 putri akan berlaga pada PON ke XVIII Riau 9-20 September 2012. Mereka akan memperebutkan 601 medali emas, 601 medali perak dan 798 medali perunggu dari 39 cabang olah raga dengan 611 nomor pertandingan

Penentuan Riau sebagai Penyelenggara
Sebelumnya ada 3 provinsi yang mengikuti pemilihan tanggal 12 Agustus 2006 yaitu:
1. Riau
2. Jawa Barat
3. Jawa Tengah

Sementara itu, Nusa Tenggara Barat dan Kalimantan Barat mengundurkan diri dari pemilihan.
Riau akhirnya terpilih menjadi tuan rumah PON XVIII, dan sekaligus menjadi provinsi penyelenggara PON yang ke-5 yang berasal dari luar pulau Jawa.


Hitung Mundur
Pada tanggal 9 September 2011 Pemerintah Provinsi Riau Meresmikan Tugu Hitung Mundur atau Tugu Countdown Timer PON XVIII. Acara Pembukaan Pekan Olahraga Nasional XVIII sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 9 September 2012.Tanggal ini dipilih karena bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional yang biasanya diperingati pada tanggal 9 September

 Api PON
Riau menyebar api PON XVIII/2012 ke 12 kabupaten/kota di Provinsi Riau demi menggelora kan penyelenggaraan ajang multieventnasional tersebut ke seluruh masyarakat jelang upacara pembukaan pada 11 September.

 Pengambilan api PON tersebut dilakukan di sumber api yang merupakan sumur eksploitasi minyak pertama di Riau. Dari sana api PON disebar ke 12 obor untuk dikirab ke kabupaten/kota dan satu obor utama untuk disemayamkan di Kantor Gubernur Riau di Pekanbaru. Penyambutan obor api utama tersebut dilakukan Wakil Gubernur Riau Mambang Mit. “Obor api PON disebar ke 12 kabupaten/kota,sementara satu obor utama disemayamkan di Kantor Gubernur Riau di Pekanbaru.
Tujuan agenda kegiatan ini tentu saja untuk menggelorakan semangat PON di seluruh daerah, ”kata Mambang,dilansir Antara. Mambang mengatakan,api obor utama akan disemayamkan di Kantor Gubernur hingga 11 September mendatang,tepatnya saat pembukaan resmi PON XVIII.Obor api utama diletakkan di tangan kanan patung maskot PON XVIII Riau,yang burung serindit. Pembukaan PON akan dilakukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. 
Ketua Subbidang Api PON Riau Marwan mengatakan,masyarakat sangat antusias menyambut kirab obor api PON di Kota Pekanbaru.Akibatnya,iring-iringan mobil pembawa obor sempat tersendat di Jembatan Siak III karena padatnya para warga yang menyaksikan kirab dari sisi jalan.
Marwan mengatakan,obor api utama tersebut nantinya akan diarak ke Stadion Utama Riau pada pembukaan PON XVIII, 11 September mendatang.Api itu akan disulut ke kalderon di stadion yang menandakan PON dibuka secara resmi. Sementara 12 obor lainnya akan dikirab berkeliling daerah hingga ke perkampungan. Rencananya,pada saat pembukaan PON nanti,seluruh obor yang ada juga akan disulutkan ke sebuah tungku yang ada di setiap 12 kabupaten/kota

Logo dan Maskot
Seperti PON sebelumnya, tentu masing-masing penyelenggara mempunyai Logo masing-masing, sesuai dengan ciri khas daerah tersebut. Untuk PON Riau Logo nya berbentuk Layar terkembang, diatas layar ada lambang Pekan Olahraga Nasional (PON), pada bagian bawah layar ada air yang berombak, sinkronisasi dengan layar yang memang selayaknya berada diatas air dan Riau sebagai provinsi yang banyak memiliki sungai




Logo PON XVIII Riau 2012 adalah Perahu Lancang Kuning
Makna Logo PON XVIII Riau adalah layar yang menjadi bagian utama logo terdiri dari tiga unsur warna, merupaan warna khas daerah Riau. Warna layar pada logo itu adalah Hijau, Kuning dan Merah.
Bagian bawah logo terdapat riak air yang melambang daerah Riau yang banyak terdapat sungai.
Tulisan "Riau 2012" dan "PON XVIII" memberikan informasi bahwa Riau sebagai tuan rumah penyelenggara Pekan Olahraga Nasional XVII.Maskot PON XVIII Riau 2012 adalah Burung Serindit yang merupakan hewan 


khas daerah Provinsi Riau. Bagi orang melayu Riau, Serindit dimitoskan sebagai kebijaksanaan, keindahan, keberanian, kesetiaan, kerendahan hati maupun lambang kearifan.
Maskot PON XVIII Riau 2012 yang berupa burung serindit hijau ini mengenakan busana melayu khas Riau dengan warna kebesaran melayu berwarna kuning lengkap dan songket dipinggangnya serta memegang obor PON
Selempang dada dengan tulisan Pekan Olahraga Nasional XVIII pertanda simbol kebesaran sebagai ajang besar dalam bidang olahraga yang mengedepankan rasa sportifitas.
Landasan Penyelenggaraan PON XVIII 2012 Riau:
Memacu pembangunan, baik pembangunan sarana olahraga, sumberdaya manusia, dan profesionalitas di bidang olahraga, pembinaan prestasi olahraga, peningkatan partisipasi dan pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan bidang olahraga sekaligus sebagai ajang promosi.


Peranan dan Fungsi PON XVIII 2012 Riau : 

1. PON sebagai ajang persaingan atlet Nasional dalam mengembangkan kompetensi dan prestasi sangat berpengaruh terhadap pembinaan prestasi olahraga di Provinsi Riau.
2. PON mempunyai manfaat untuk memberikan citra daerah sekaligus sebagai daya dorong pertumbuhan ekonomi daerah.
3. PON mempunyai kekuatan untuk pemberdayaan masyarakat (sosial-budaya) dalam pencapaian Visi Riau 2020.

Theme Song
Pekan Olah Raga Nasional (PON) ke-18 yang akan dilaksanakan pada bulan September 2012 telah memiliki Theme Song Resmi yang berjudul Selamat Datang Juara. Theme Song "Selamat Datang Juara" ini telah di putar di beberapa stasiun TV Nasional,TV Lokal Riau Riau Televisi (RTV),radio serta juga diperdengarkan saat pertandingan Kualifikasi Piala Asia U22 di Pekanbaru beberapa saat lalu.
Theme Song ini diciptakan oleh Tya Subiakto yang langsung dinyanyikan oleh penciptanya pada pembukaan pon tersebut. lagu ini diluncurkan oleh Ketua PB PON yang juga Gubernur Riau. HM. Rusli Zainal. SE.MP di Flaza MX, Senayan. Tema yang diusung pada lagu Selamat Datang Sang Juara menggambarkan dukungan dan ucapan selamat bertanding bagi para atlit dari setiap daerah, di Bumi Lancang Kuning Riau, Pekanbaru
Melalui lagu ini sebagai simbolis yang bisa mempererat persatuan dan kesatuan nasional dan juga memicu semangat para atlit yang akan bertanding. Lagu ini diciptakan selama 2 minggu dengan menggabungkan music melayu dengan music modern 

Menyongsong pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XVIII, Provinsi Riau sebagai tuan rumah mulai berbenah. Stadion Nasional Pekanbaru telah mulai dibangun pada tahun ini (2009) untuk menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII Riau 2012.
Stadion ini merupakan stadion utama event tersebut. Dengan arsitektur modern akan menjadikannya stadion terbaik di Indonesia dan menjadi stadion terbesar dan termegah di Indonesia, untuk kapasitas penonton memang masih kalah dengan Stadion Gelora Bung Karno, untuk mengurangi kerusuhan nantinya di dalam stadion. Selain dijadikan sebagai untuk persiapan PON stadion ini juga bakal dipersiapkan untuk persiapan Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia 2022.
Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia 2022 Pekanbaru masuk dalam beberapa kota untuk tempat pertandingan Piala Dunia 2022. Karena Stadion yang sedang dibangun ini Termegah di Indonesia lho..
Stadion Utama PON Riau 2012 Pekanbaru akan mulai dibangun pada tahun 2009 untuk menyambut Pekan Olahraga Nasional XVIII Riau 2012, stadion ini merupakan stadion utama event tersebut. Dengan arsitektur modern nantinya akan menjadikannya stadion terbaik di Indonesia.

 Perancang yang sengaja didatangkan dari Jakarta dan bekerjasama dengan Bidang Sarana dan Prasarana Dispora Riau, membuat performance pembangunan stadion tersebut menganut konsep serba modern.
bentuknya yang mengadopsi rangka perahu, yang menggambarkan masyarakat Riau pada zaman dulu hidup sebagai nelayan dan bahan yang digunakan dominan material import. Seperti halnya untuk atap sengaja didatangkan dari Yunani, 

Sementara pelapis rangka menggunakan Alumunium Composif Panel (ACP) dari Jerman, lintasan sentetis dari Belanda, skoring board dari USA, rumput dari brasil dan sound system dari Jerman. Sementara untuk ligthingnya, dibangun secara permanen di setiap sudut gedung.

 Perkiraan Kondisi Tribun : A Tempat duduk : A Fasilitas : ARumput :
Drainase : APenerangan : A Papan Skor : A Kondisi : A

Main Stadion PON XVIII 2012
Nama : Stadion Utama PON XVIII Riau
Dibangun : Oktober 2009
Lokasi : Kawasan UR Panam
Luas Lahan : 66,4 ha
Luas Gedung : 7,4 ha
Kapasitas : 43 ribu (seat)
Pendingin ruangan : AC Central
Venue : Pembukaan dan Penutupan PON serta semifinal dan final sepakbola dan squash
Pemenang Tender : PT Wika, PT PP dan PT Adhi Karya
Biaya : Rp 858 miliar (multiyears)
Konsep Bangunan : Desain modren rangka perahu
Material : Import
Atap memakai bahan Kalzif (Yunani)
Pelapis rangka ACP (Jerman)
Rumput (Brasil)
Skoring Board (USA)
Sound System (Jerman)
Ligthing spesial permanen.(Dispora Riau) 

Perolehan akhir mendali :
Riau hanya bisa mengoleksi 39 perak dan 51 perunggu. Berikut adalah hasil lengkap perolehan medali PON XVIII 2012 di Riau, Rabu (19/9/12) hingga pukul 23.00 WIB:
Pos
Kontingen
Emas
Perak
Perunggu
Jumlah
1
DKI Jakarta
105
101
109
315
2
Jawa Barat
100
78
101
279
3
Jawa Timur
85
82
85
252
4
Jawa Tengah
47
52
66
165
5
Kalimantan Timur
42
45
48
135
6
Riau
42
39
51
132
7
Sulawesi Selatan
19
17
20
56
8
Sumatera Utara
15
18
21
54
9
Bali
15
16
29
60
10
Lampung
15
9
10
34
11
Sumatera Barat
12
11
25
48
12
Nusa Tenggara Barat
11
5
8
24
13
Sumatera Selatan
10
13
27
50
14
DI Yogyakarta
9
12
16
37
15
Papua
9
11
16
36
16
Kalimantan Barat
6
6
13
25
17
Sulawesi Utara
6
6
7
19
18
Kalimantan Tengah
6
4
6
16
19
Kalimantan Selatan
5
12
18
35
20
Banten
4
8
16
28
21
Kep.Riau
4
1
5
10
22
Maluku
3
10
5
18
23
Nusa Tenggara Timur
3
9
3
15
24
Jambi
3
8
20
31
25
Papua Barat
3
3
11
17
26
Sulawesi Tenggara
3
0
2
5
27
Aceh
2
5
18
25
28
Kep.Bangka Belitung
2
3
4
9
29
Gorontalo
2
1
1
4
30
Sulawesi Tengah
1
1
1
3
31
Bengkulu
0
2
4
6
32
Maluku Utara
0
0
1
1
33
Sulawesi Barat
0
0
0
0
Total
589
588
767
1944







This entry was posted on 11:23 PM and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 comments: