Author: Dunia Purple
•6:50 AM

seni tari

1.      Pengertian seni tari
Seni dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah keahlian membuat karya yg bermutu (dilihat dari segi kehalusannya, keindahannya, dsb), pengertian lainnya adalah seni merupakan karya yang diciptakan dengan keahlian yang luar biasa, sepertip tari, lukisan, ukiran dsb. Tari adalah gerakan badan (tangan, kaki, tubuh  dsb) yang berirama, biasanya diiringi bunyi-bunyian (musik, gamelan, dsb).
Dari pengertian di atas maka dapat di artikan bahwa seni tari adalah gerak tubuh secara berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan pergaulan, mengungkapkan perasaan, maksud, dan pikiran yang merupakan cipta karsa dari keahlian seseorang. Bunyi-bunyian yang disebut musik pengiring tari mengatur gerakan penari dan memperkuat maksud yang ingin disampaikan.

Gerakan tari berbeda dari gerakan sehari-hari seperti berlari, berjalan, atau bersenam. Gerak di dalam tari bukanlah gerak yang realistis, melainkan gerak yang telah diberi bentuk ekspresif dan estetis.

Sebuah tarian sebenarnya merupakan perpaduan dari beberapa buah unsur,yaitu wiraga (raga), Wirama (irama), dan Wirasa (rasa). Ketiga unsur ini melebur menjadi bentuk tarian yang harmonis. Unsur utama dalam tari adalah gerak. Gerak tari selalu melibatkan unsur anggota badan manusia. Unsur- unsur anggota badan tersebut didalam membentuk gerak tari dapat berdiri sendiri, bergabung ataupun bersambungan.

2.      Pendapat Para Ahli Tentang Seni Tari
Untuk bahan perbandingn dan menambah wawasan tentang pengertian tari berikut pendapat para pakar seni tari:
1)      Drs. Wisnu Wardana
Seni Tari adalah ekspresi estetis dalam gerak dengan media tubuh manusia.

2)      R.T  Tondo Kusumo (S.Maridi)
Seni Tari adalah ekspresi jiwa manusia melalui gerak-gerak ritmis yang  indah.



3)      BPH.Suryo Diningrat
Seni Tari adalah ungkapan gerak semua anggota tubuh yang terpadu irama secara harmonis dengan irama musik gamelan dan sesuai dengan watak serta kehendak tarinya.

4)      John Martin
Seni Tari adalah ekspresi  jiwa  manusia yang diungkapkan melalui bentuk-bentuk gerak yang ritmis dan indah.

5)      Corrie Hartong
Seni Tari adalah gerak-gerak yang berbentuk ritmis dari tubuh dalam ruang

6)      S.Humardani
Seni Tari adalah ungkapan bentuk gerak-gerak ekspresi yang indah dan harmonis.

7)      Sudarsono
Seni Tari adalah ekspresi  jiwa  manusia yang diungkapkan dalam bentuk  gerak yang romantis dan indah.

3.      Jenis-jenis Seni Tari
a.      Jenis-jenis seni tari berdasarkan penyajiannya:
·         Tari Tradisional
Tari tradisional merupakan sebuah bentuk tarian yang sudah lama ada. Tarian ini diwariskan secara turun temurun. Sebuah tarian tradisional biasanya mengandung nilai filosofis, simbolis dan relegius. Semua aturan ragam gerak tari tradisional, formasi, busana, dan riasnya hingga kini tidak banyak berubah.
·         Tari Tradisional Klasik
Tari tradisional klasik dikembangkan oleh para penari kalangan bangsawan istana. Aturan tarian biasanya baku atau tidak boleh diubah lagi. Gerakannya anggun dan busananya cenderung mewah. Fungsi: sebagai sarana upacara adat atau penyambutan tamu kehormatan
·         Tari Tradisional Kerakyatan
Berkembang di kalangan rakyat biasa. Gerakannya cenderung mudah Ditarikan bersama juga iringan musik. Busananya relatif sederhana. Sering ditarikan pada saat perayaan sebagai tari pergaulan.

·         Tari Kreasi Baru
Merupakan tarian yang lepas dari standar tari yang baku. Dirancang menurut kreasi penata tari sesuai dengan situasi kondisi dengan tetap memelihara nilai artistiknya. Tari kreasi baik sebagai penampilan utama maupun sebagai tarian latar hingga kini terus berkembang dengan iringan musik yang bervariasi, sehingga muncul istilah tari modern. .Pada garis besarnya tari kreasi dibedakan menjadi dua golongan yaitu:

1. Tari Kreasi Baru Berpolakan Tradisi
Yaitu tari kreasi yang garapannya dilandasi oleh kaidah-kaidah tari tradisi, baik dalam koreografi, musik/karawitan, rias dan busana, maupun tata teknik pentasnya. Walaupun ada pengembangan tidak menghilangkan esensi ketradisiannya.

2. Tari Kreasi Baru Tidak Berpolakan Tradisi (Non Tradisi)
Tari Kreasi yang garapannya melepaskan diri dari pola-pola tradisi baik dalam hal koreografi, musik, rias dan busana, maupun tata teknik pentasnya. Walaupun tarian ini tidak menggunakan pola-pola tradisi, tidak berarti sama sekali tidak menggunakan unsur-unsur tari tradisi, mungkin saja masih menggunakannya tergantung pada konsep gagasan penggarapnya. Tarian ini disebut juga tari modern, yang istilahnya berasal dari kata Latin “modo” yang berarti baru saja.

·         Tari Kontemporer
Gerakan tari kontemporer simbolik terkait dengan koreografi bercerita dengan gaya unik dan penuh penafsiran. Seringkali diperlukan wawasan khusus untuk menikmatinya. iringan yang dipakai juga banyak yang tidak lazim sebagai lagu dari yang sederhana hingga menggunakan program musik komputer seperti Flutyloops.

b.      Jenis tari Berdasarkan Koreografinya
1.      Tari tunggal (Solo), Tari tunggal adalah tari yang diperagakan oleh seorang penari, baik laki-laki maupun perempuan. Contohnya tari Golek (Jawa Tengah)
2.      Tari berpasangan (duet/pas de duex), Tari berpasangan adalaah tari yang diperagakan oleh dua orang secara berpasangan. Contohnya tari Topeng (Jawa Barat)
3.      Tari kelompok (Group choreography), Tari kelompok yaitu tari yang diperagakan lebih dari dua orang.

4.      Seni tari tradisional Kalimantan
a. . Tari-tarian Daerah kalimantan Barat
-tari tunggal                 : Tari Pingan
-tari berpasangan         : Tari Jonggan, Tari Zapin Tembung
-tari berkelompok        : Tari Monong, tari Kinyah Uut Danum

b. Tari-tarian Daerah Katimantan Selatan
           - tari tunggal                : Tari Baksa Kembang
          - tari berkelompok         : Tari Radap Rahayu

c. Tari-tarian Daerah Kalimantan tengah
             - tari tunggal                : Tari Dadas, Tari Kancet Papatai, Tari Kancet Lasan
            - tari berpasangan        :  Tarian Pagar Ruyung, Tari Kancet Ledo, Tari Leleng
            - tari kelompok            : Tari Potong Pantan,  Tari Kuyang, Tari Datun

d.      Tari-tarian Daerah Kalimantan Timur
-          Tari tunggal           : Belian Sentiu
-          Tari berpasangan    : tari tobengan marang
-          Tari berkelompok  : Tari Ngerangkau, tarian hudog,




This entry was posted on 6:50 AM and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 comments: