Author: Dunia Purple
•6:02 AM
Anatomi Struktur Tubuh




Kata Anatomi berasal dari bahasa Yunani ana dan tome, yang berarti memotong dan memisahkan, sehingga lebih komplek di definisikan sebagai ilmu mengenai struktur tubuh.
Subdivisi anatomi secara general dibagi menjadi:

1. Anatomi maskroskopik, ilmu mengenai struktur tubuh yang dipelajari melalui observasi atau pembedahan tanpa menggunakan mikroskop.
  • Anatomi regional, yaitu ilmu mengenai ciri-ciri anatomis bagian tubuh tertentu
  • Anatomi sistematik, yaitu ilmu yang mempelajari sistem organ tubuh satu persatu
2.Anatomi meskroskopik (histologik), yaitu ilmu mengenai struktur tubuh yang dipelajari melalui observasi dengan menggunakan mikroskop cahaya ( pembesaran 1000 sampai 2000 kali). organ tubuh yang dapat dilihat melalui cara ini mesalnya, sel, jaringan, dan organ tubuh yang lain.

3. Anatomi ultraskopik, yaitu ilmu yang mempelajari ultrastruktur sel dengan menggunakan mikroskop elektron (pembesaran lebih dari 1000000 kali)

4. Anatomi radiografi ( radiologi), adalah ilmu yang mengenai struktur tubuh dengan menggunakan sinar x atau teknik penyiaran lain 



This entry was posted on 6:02 AM and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 comments: