Author: Dunia Purple
•7:26 AM
Kelompok Sosial

1.      Kelompok Sosial

Adalah : kumpulan orang yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi. Kelompok diciptakan oleh anggota masyarakat. Kelompok juga dapat memengaruhi perilaku para anggotanya
Contoh kelompok sosial:
a.  In-group dan Out-group
Kelompok sosial dimana individu mengidentifikasikan dirinya dalam kelompok tersebut, Out-group : Kelompok yang berada di luar kelompok dirinya
b.  Kelompok primer dan sekunder
Kelompok primer : Kelompok kecil yang anggotanya memiliki hubungan dekat, personal dan langgeng, contoh keluarga
Kelompok sekunder : Kelompok yang lebih besar, bersifat sementara, dibentuk untuk tujuan tertentu dan hubungan antar anggotanya bersifat impersonal sehingga biasanya tidak langgeng, contoh club sepak bola
c.  Paguyuban (Gemeinschaft) dan Patembayan (Gesselschaft)
Paguyuban - Bentuk kehidupan bersama yang anggotanya terikat oleh hubungan batin murni dan bersifat alamiah serta kekal yang didasari rasa cinta dan rasa kesatuan batin yang telah ditakdirkancontoh keluarga, kekerabatan, ketetanggaan dll.
d. Formal group dan Informal group
Formal group : Kelompok yang mempunyai peraturan tegas dan sengaja diciptakan oleh anggota-anggotanya untuk mengatur hubungan antar sesamanya, contoh birokrasi perusahaan, kantor pemerintah, negara dsb.
Informal group : Kelompok yang tidak mempunyai struktur yang pasti, terbentuk karena pertemuan yang berulang-ulang sehingga terjadi pertemuan kepentingan dan pengalaman, contoh klik (Ikatan kelompok terdekat atau perkawanan)
e.  Membership group dan Reference group
Membership Group : Suatu kelompok dimana seorang secara fisik menjadi anggotanya, contoh warga desa/kota
Referensi Group : Kelompok-kelompok sosial yang menjadi acuan bagi seseorang untuk membentuk kepribadian dan prilakunya, contoh masyarakat khususnya tokoh informal
            Alasan adanya kelompok sosial adalah:
Karena individu tidak bisa hidup dan berkembang secara manusiawi tanpa kelompok sosial. Itulah inti dari hakikat manusia sebagai makhluk sosial. Kita belajar berbicara, belajar, tersenyum dan tertawa karena ada kelompok sosial. Kita belajar berperilaku dalam cara tertentu karena ada kelompok sosial. Kelompok sosial yang memberi identitas sosial kepada kita. Kelompok sosial juga mensosialisasikan nilai dan norma sosial kepada kita. Kita sealalu belajar mengidentifikasi diri dan menyesuaikan diridengan nilai dan norma kelompok. Kia bahkan berkembang selalu dalam konteks dinamika atau perubahan kelompok sosial tempat kita menjadi salah satu anggotanya.
 2.      Kategori sosial
Adalah pengelompokan secara statistic bersadarkan kesamaan sifat-sifatyang dimiliki.
a.       kategoti sosial berdasarkan umur
kelompok yang berdasarkan kategori statistic misalnya kelompok umur dengan kategori tertentu seperti kelompok anak dengan kategorti berumur 0-5 tahun atau 6-10 tahun.
b.      kategori sosial berdasarkan kesamaan pekerjaan
kelompok yang terbentuk berdasarkan kesamaan pekerjaan, misalnya kelompok yang bekerja sebagai buruh, guru, wiraswasta, atau pegawai pemerintahan
c.       kategori sosial berdasarkan jenis kelamin
kelompok yang berdasarkan kategori statistic misalnya seperti wanita dan pria
d.      kategori sosial berdasarkan tingkat ekonomi
kelompok yang bedasarkan tingkat pendapatan yang dirata-ratakan perbulannya yang diterima menjadikan masyarakat dalam kategori-katergori sosial seperti kelompok masyarakat miskin, masyarakat ekonomi menengah dan masyarakat ekonomi tinggi
e.       kategori sosial bedasarkan agama
Pengelompokan masyarakat berdasarkan kategori agama yang dianutnya misalnya kelompok masyarakat dengan kategori Islam, Kristen,Budha dan Hindu.
Alasan kategori sosial timbul dari sekelompok orang yang memiliki kesamaan yang dapat dihiting secara statistic.
 3.      Kumpulan
Sekelompok orang yang berada pada tempat yang sama dan pada waktu bersamaan pula.
Contohnya
a.       Calon penumpang yang menunggu kedatangan kendaraan dihalte bus
b.      Kumpulan sporter dalam sebuah pertandingan
c.       Para calon penonton bioskop yang sedang ngantri membeli tiket
d.      Keramaian pasar akibattransaksi jualbeliantara pedagang danpembeli
e.       Kelompok-kelompok ana ksekolah yang sedang bermain pada jam istirahat
Alasan  kumpulan terjadi hanya berdasarkan kesamaan tempat dan waktu tapi tidak memiliki keterikatan apapun.
4.      Kerumunan
Kerumunan ialah sekumpulan orang yang tidak terorganisir dan bersifat sementara. Suatu kerumumnan dapat memiliki pemimpin, tetapi tidak memiliki struktur dan pembagian kerja. Identitas seseorang akan tenggelam apabila berada dalam sebuah kerumunan.
Contoh kerumunan
a.       Khalayak penonton (pendengar formal/formal audience)
Kerumunan demikian mempunyai perhatian dan tujuan yang sama, misalnya penonton bioskop, pengunjung khotbah agama, dsb.
b.      Kelompok ekspresif yang direncanakan (planned expressive group)
Kerumunan yang terdiri atas orang-orang yang mempunyai tujuan sama tetapi pusat perhatiannya berbeda-beda, misalnya kerumunan orang-orang yang berpesta
c.       Kumpulan orang yang kurang menyenangkan (inconvinentaggregations)
Dalam kerumunan semacam ini kehadiran orang lain merupakan halangan bagi seseorang dalam mencapai tujuan. Misalnya: antre tiket, kerumunan penumpang bus, dst.
d.      Kumpulan orang-orang yang panik (panic crowd)
Ialah kerumunan yang terdiri atas orang-orang yang menghindari bencana/ancaman. Misalnya pengungsi
e.       Kerumunan penonton (spectator crowd)
Yaitu kerumunan orang-orang yang ingin melihat sesuatu atau peristiwa tertentu. Kerumunan semacam ini hampir sama dengan formal audience, tetapi tidak terencana
Alasan  kerumunan dapat terjadi dimanapun alasan terjadinya kerumunan bermacam-macam tapi setiap kerumunan mempunyai  tujuan yang sama dan terorganisir.


Kesimpulan :
Masyarakat adalah kumpulan dari banyak keluarga yang menempati suatu wilayah tertentu dengan aturan-aturan yang telah di sepakati bersama oleh masing-masing individu. dimana faktor utamanya yang menjadi dasar adalah interaksi sosial antara individu dengan keluarga juga individu dengan keluarga lainya.
kelompok sosial adalah himpunan / kesatuan manusia yang hidup bersama, karena adanya hubungan diantara mereka. hubungan tersebut antara lain menyangkut hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi dan juga suatu kesadaran untuk saling menolong. bisa diartikan juga bahwasanya kelompok sosial adalah kelompok yang terorganisasi dengan baik sekali seperti negara.
Sedangkan sifat-sifat kelompok primer dan sekunder saling mengisi dalam kenyataan tak dapat di pisah-pisahkan secara mutlak.dalam garis besar dua kelompok itu saling berkesinambungan di tandai dengan ciri-ciri kenal mengenal antara anggotanya serta kerja sama yang erat yang bersifat pribadi. sebagai salah satu hasil hubungan yang erat dan bersifat pribadi. disini di jelaskan bahwa bahwa setiap kelompok social sampai satu derajat tertentu pasti memiliki perasaan sebagai suatu kesatuan.Faktor Pembentuk Kelompok Sosial
Bergabung dalam kelompok biasa merupakan sesuatu yang murni dari diri sendiri atau secara kebetulan.misalnya ada orang yang terlahir dalam keluarga kaya atau miskin, itu merupakan suatu kebetulan.
Namun bergabung dalam suatu kelompok sosial ada juga yang merupakan pilihan.
Ada dua faktor yang mengarahkan pada pilihan yaitu
1.      Kedekatan
Semakin dekat jarak geografis antara dua orang,semakin memungkinkan untuk saling melihat, berbicara, dan bersosialisasi.Kedekatan fisik meningkatkan peluang untuk berinteraksi.
2.       Kesamaan
Kesamaan yang dimaksud adalah kesamaan minat, kepercayaan, nilai, tingkat intelegensi,atau karakter-karakter lainnya.
This entry was posted on 7:26 AM and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 comments: