Author: Dunia Purple
•1:11 AM

Hyderabadi Haleem, Bubur Gandum Khas India

ingat postingan  kemarin tentang menu buka puasa di dunia jadi pingin tau info lebih lanjut  untung ketemu link yang bagus http://kusukadiva.com/masak-incip/hyderabadi-haleem-bubur-gandum-khas-india..





Bubur merupakan salah satu kuliner yang memiliki banyak peminat. Bubur merupakan makanan yang sangat mudah dicerna lambung karena memiliki tekstur yang lembut. Inilah yang membuat Divas akan cepat lapar kembali sekalipun makan bubur. Namun, ada bubur unik dari India yang terbuat dari gandum. Justru bubur ini akan membuat perut Divas menjadi kenyang lebih lama.

Nama bubur ini adalah Hyderabadi Haleem. Hidangan ini sudah ada sejak abad ke-19 dan diperkenalkan oleh orang Arab di India. Bisa dijumpai sebagai sajian makan malam. Dalam acara pesta pernikahan dan perayaan lainnya di India, Hyderabadi Haleem sering disajikan untuk para tamu.

Bubur khas India ini memiliki rasa yang sangat gurih dan lezat. Bumbu-bumbu tradisional di dalamnya seperti, jahe, bawang putih, kunyit, jinten, kayu manis, kapulaga, cengkeh, lada hitam, membuat bubur ini harus Divas cicipi. Bahan utama yang digunakan yaitu daging sapi atau kambing, kacang lentil dan gandum.

Cara memasaknya pun sangat unik. Hyderabadi Haleem dimasak di api kecil dengan kayu bakar selama 12 jam dalam kuali. Selama 12 jam tersebut, Hyderabadi Haleem harus diaduk terus dengan kayu, biasanya membutuhkan dua orang untuk mengaduk hingga teksturnya lengket dan halus.

Bubur gurih ini disajikan selagi panas dengan taburan bawang goreng dan air jerul lemon di atasnya.Untuk tambahannya, bisa dilengkapi dengan irisan telur rebus dan ketumbar cincang. Karenanya bubur yang ini menjadi sajian komplet untuk berbuka.

This entry was posted on 1:11 AM and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 comments: