Author: Dunia Purple
•2:50 AM

Opium

Opium merupakan tanaman semusim yang hanya bisa dibudidayakan di pegunungan kawasan subtropis. Tinggi tanaman hanya sekitar satu meter. Daunnya jorong dengan tepi bergerigi. Bunga opium bertangkai panjang dan keluar dari ujung ranting. Satu tangkai hanya terdiri dari satu bunga dengan kuntum bermahkota putih, ungu, dengan pangkal putih serta merah cerah. Bunga opium sangat indah hingga beberapa spesies lazin dijadikan sebagai tanaman hias. buah opium berupa bulatan sebesar bola  pimpong berarna hijau.

sebenarnya dipakai dalam dunia farmasi, namun lebih sering disalahgunakan sebagai bunga penghasil narkotika, karena mempunyai efek halusinogen yang dahsyat.








Daphne

Bunga daphne juga dikenal dengan nama lady laurel atau tanaman surga. Seluruh bagian dari bunga ini beracun tapi bagian yang paling beracun terkonsentrasi pada getah dan buahnya. Daphne mengandung mezerine dan daphnin, merupakan racun kuat yang dapat menyebabkan sakit perut parah, sakit kepala, diare, kegilaan, dan sawan. Jika buah daphne di konsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan koma bahkan kematian.

Lilly of the valley 


 bunga musim semi warna putih berukuran sangat kecil dengan bentuk menyerupai lonceng. Bunga ini banyak tumbuh di negara Inggris terutama di bagian utara. Sedangkan makna dari bunga mungil yang cantik ini adalah kepercayaan, pancaran kebahagiaan dan kesucian.
Bunga ini termasuk bunga yang tercantik tapi mengandung racun juga digunakan secara berlebihan. Jika hanya mengkonsumsi satu atau dua kuntum bunga saja tidak akan berpengaruh tapi juka mengkonsumsi dalam jumlah yang banyak akan menyebabkan rasa sakit di mulut, muntah-muntah kram di seluruh tubuh dan diare. Racun di bunga ini juga mnyebabkan disfungsi jantung dan melemahkan detak jantung
Aconitum


Beberapa spesies Acotinum digunakan sebagai racun pada anak panah. Suku Minaro di Ladakh menggunakan Acotinum napellus untuk memburu kambing hutan jantan. Sedangkan di Jepang, suku Ainus menggunakannya untuk memburu beruang. Orang Cina juga menggunakannya untuk berburu dan perang. Jika tersentuh ujungnya akan mengakibatkan keadaan mati rasa dan perih.




Atrope Bella Donna 



Dikenal sebagai salah satu tumbuhan paling beracun di West Hemisphere, Belladona mengandung tropane alkoids yang berpotensi untuk membahayakan. Seluruh bagian tanaman ini berbahaya, tapi bagian paling berbahaya adalah pada buahnya yang sepertinya enak dimakan. 

Gejala yang akan terjadi dari racun bunga ini adalah pupil mata membesar, penglihatan menjadi kabur, sakit kepala, berhalusinasi dan kegilaan. Atropine adalah racun yang terkandung di dalam bunga ini yang dapat mengganggu sistem saraf dan menyebabkan gangguan pernapasan, sering berkeringat dan melehmahnya detak jantung.


Conium 




Bunga beracun ini milik keluarga Apiaceae dan dapat ditemukan di Eropa dan bagian selatan Afrika. Salah satu spesiesnya adalah Conium maculatum yang juga disebut poison hemlock. Bunga ini berasal dari Eropa, Asia Barat dan Afrika utara. 

Bunga ini mengandung banyak alkaloid yang bisa sangat mematikan bagi manusia dan ternak. Salah satu contohnya adalah coniine dan sangat mirip dengan nikotin, dapat mengganggu cara kerja sistem saraf pusat. Apa yang biasanya akan terjadi dari keracunan conium adalah kelumpuhan otot dan sistem pernafasan sehingga jantung dan otak tidak mendapatkan cukup oksigen.

Nerium Oleander 



Nerium  Oleander dikenal sebagai salah satu tanaman yang paling beracun di bumi, sering digunakan untuk bunuh diri di India Selatan. Berbagai macam racun terkandung di seluruh bagian tanaman ini, seperti Oleandrin dan neriine, yang menyebabkan gangguan sistem saraf, gangguan pencernaan, dan sistem kerja peredaran darah.


Datura 



Bunga Datura bentuknya mirip kecubung, mengandung alkaloid yang cukup mematikan. Mereka telah digunakan selama ratusan tahun sebagai racun halusinogen. Di beberapa tempat di Eropa dan Inda, Datura digunakan untuk melakukan pembunuhan dan bunuh diri.


Angel's Trumpet 


Jangan terkecoh dengan namanya yang indah, tanaman ini mengandung racun yang mematikan bagi manusia maupun hewan. Bunga ini dapat memberikan efek halusinogen yang amat kuat karena mengandung zat tropane alkaloids.


Autumn Crocus 


Autumn Crocus merupakan salah satu tumbuhan paling beracun di dunia. Bunga ini mengandung colchicine yang merupakan obat mematikan yang biasa digunakan untuk perawatan encok. Racun yang terkandung di dalam bunga ini sejenis dengan arsenik yang tidak ada obat penyembuhnya. Bila keracunan tanaman ini, dapat menyebabkan hilangnya tekanan darah dan penyakit jantung.



Narcissus


Narsis atau dafodil (Narcissus) adalah tumbuhan dengan bunga  atraktif yang hidup di daerah beriklim sedang dan subtropis. Karena keindahan bunganya, beberapa jenisnya dikembangkan menjadi tanaman hias yang berbunga pada musim semi. Tumbuhan ini berasal dari Eropa, Afrika Selatan dan Asia Terdapat juga beberapa spesies narsis yang berbunga pada musim gugur





Rhododendron


Tanaman ini sangatlah indah jika datang musim berbunga . bentuknya semak rimbun seperti pohon bercabang dengan bunga-bunga yang besar dan mencolok mata, seringkali terlihat di daerah Pacifi Northwest dan merupakan bunga resmi negara bagian Washington. Yang mirip dengannya, semak taman azalea yang populer juga beracun. Keduanya mengandung andromedatoxin, yang dapa menyebabkan beberapa rasa sakit, kelesuan, depresi, mual dan muntah, kelumpuhan progresif, koma, dan akhirnya kematian. Semua bagian tanaman ini beracun.






Ficus



Ficus merupakan tanaman ornamental yang sudah cukup dikenal dan cukup lama berkembang sejak jaman Victoria. Yang banyak dikembangkan pada awalnya adalah Ficus elastica (tanaman karet), namun sekarang yang lebih banyak berkembang adalah Ficus elastica robusta dan F. elastica decora.
Semua Ficus memiliki getah susu di daun dan batang, yang beracun. Sekitar 800 jenis pohon ficus, semak dan tanaman merambat (ficus benjamina), banyak yang tumbuh di dalam ruangan dalam pot dan di luar rumah di daerah yang hangat di mana beberapa varietas dapat tumbuh hingga 75 meter. Yang terburuk yang akan terjadi adalah kulit gatal dan engah, dokter anda akan memberi anda sesuatu untuk alergi atau peradangan.






Chrysanthemum


Ada 100-200 jenis krisan, dan biasanya tumbuh rendah ke tanah, tetapi bisa menjadi semak-semak. Kepala bunga yang juga merupakan toksisitas rendah pada manusia. Tapi tidak terlalu. Menyentuh dapat membuat anda gatal dan engah sedikit, tapi mungkin dokter hanya akan memberikan beberapa peradangan dan reaksi alergi.





Anthurium



Daun dan batang tanaman ini aneh, dengan warna hijau gelap, batang daun kasar, berbentuk hati dan, merah putih atau hijau dikelilingi oleh seludang perbungaan, merah, merah muda atau putih yang beracun. Juga dikenal sebagai bunga flamingo atau tanaman kuncir, makan anturiums tropis dapat memberikan rasa panas di mulut yang kemudian membengkak dan lecet. Suaranya juga bisa menjadi parau dan tegang dan mungkin mengalami kesulitan menelan. Sebagian besar cairan akan hilang oleh waktu,pil sakit dan rempah-rempah dan makanan lengket seperti licorice atau biji rami dapat sedikit membantu.









Hydrangea



Ini semak bunga poofy (hydrangea macrophylla) merupakan ornamen halaman populer yang dapat tumbuh sampai 15 m dengan bunga merah muda, biru tua atau kehijauan-putih yang tumbuh dalam kelompok-kelompok besar. Tapi bunga-bunga ini akan memberi anda sakit perut, yang menyatakan kadang-kadang jam setelah makan. Biasanya, pasien juga mengalami kulit gatal, muntah, kelemahan dan berkeringat. Beberapa laporan menunjukkan bahwa pasien bahkan bisa mengalami koma, kejang dan gangguan dalam sirkulasi darah tubuh. Untungnya, ada penawar untuk keracunan dengan hortensia, dan dokter juga mungkin memberikan obat untuk mengatasi untuk meringankan gejala.




Foxglove




Foxglove adalah tanaman ajaib yang tumbuh hingga 3 meter dengan bunga ungu, merah muda atau putih jatuh, kadang-kadang bintik-bintik di dalam, sepanjang pusat batang. Nama latin adalah digitalis purpurea, yang mungkin terdengar asing; daun tanaman komersial adalah sumber dari obat jantung digoksin. Jika anda makan salah satu tanaman di alam bebas, kemungkinan besar akan memiliki masalah jantung setelah musibah mual, muntah, kram, diare dan sakit mulut. Seorang dokter dapat mengelola arang untuk menyerap racun atau pompa perut dan juga dapat memberi obat untuk membawa detak jantung anda normal. Nama lain untuk tanaman ini termasuk lonceng peri, kelinci bunga, dan bidal bruges throatwort.



Snakeroot



Snakeroot paling berbahaya untuk hewan ternak seperti sapi dan domba. Ketika sapi memakan kumpulan bunga halusnya yang menarik dan juga batangya, susu dan tulang sapi tersebut akan menjadi dipenuhi oleh racun tremetol dan manusia yang mengkonsumsi produk dari hewan ini akan mengalami keracunan susu. Keracunan susu inilah yang dulu menyebabkan ibu dari Abraham Lincoln, Nancy Hanks, meninggal.




Wisteria

Banyak yang menyebutkan bunga ini adalah racun, meskipun beberapa orang mengatakan tidak. Lebih baik aman daripada menyesal, karena sebagian besar laporan adalah untuk makan dari tanaman ini akan menyebabkan mual, muntah, kram dan diare yang mungkin memerlukan perawatan seperti cairan infus dan obat anti-mual.





White snakeroot


Umbi Ular Putih, juga dikenal sebagai White Sanicle atau Boneset Tinggi, adalah tanaman yang sangat beracun, asli Amerika Utara.Bunga berwarna putih dan setelah mekar, biji berbulu kecil yang dihembuskan angin.Tanaman ini memiliki prosentase tinggi tremetol toksin, yang tidak membunuh manusia secara langsung, namun tidak langsung.Ketika tanaman dimakan oleh ternak, toksin diserap ke dalam susu dan daging.

Ketika manusia kemudian, pada gilirannya, makan daging sapi atau minum susu, racun memasuki tubuh dan menyebabkan sesuatu yang disebut penyakit susu, yang sangat fatal. Ribuan pemukim Eropa meninggal karena penyakit susu di Amerika pada awal abad 19. Hal ini juga percaya bahwa ibu Abraham Lincoln, Nancy Hanks, meninggal karena penyakit susu.


Mata boneka

Mata boneka, juga dikenal sebagai Baneberry Putih, adalah tanaman berbunga asli Amerika Utara dan timur. Nama Mata boneka berasal dari buah yang seperti mata mendelik, diameter 1 cm warna putih berry dengan gores stigma hitam,.

Meskipun seluruh tanaman telah dinyatakan beracun untuk konsumsi manusia, bagian paling beracun adalah racun terkonsentrasi di buah, yang paling dikhawatirkan adalah anak-anak, karena buah ini juga manis rasanya. Buah mengandung racun karsinogenik, yang memiliki efek sebagai penghenti kerja otot jantung manusia dan dapat dengan mudah menyebabkan kematian yang cepat.



Pohon strychnine


Strychnine, lebih dikenal sebagai kacang racun atau Tombol Quaker, adalah pohon berukuran sedang, asli India dan Asia Tenggara. Benih kecil di dalam pohon ‘hijau mirip buah jeruk, sangat beracun, dipenuhi dengan alkaloid beracun’ Strychnine dan Brucine. 30 mg racun ini cukup fatal bagi orang dewasa, dan akan menyebabkan kematian yang menyakitkan dengan kejang-kejang hebat karena stimulasi simultan dari ganglia sensoris di tulang belakang.


Moonseed ( biji bulan)


Biji dari buah yang berasal dari Amerika Utara ini adalah racun yang sangat berbahaya bagi manusia, meski burung bisa memakannya. Moonseed awalnya menyebabkan kelumpuhan dan lebih fatal lagi pada dosis yang lebih banyak dan apabila tidak diobai dengan segera.



Choke cherry




Chokecherry, atau cherry liar, adalah tanaman Amerika Utara yang diketahui mempunyai banyak bunga-bunga putih kecil. Buahnya kecil dan tidak bisa dimakan. Batang kayu tanaman ini dan daun-daunnya penuh dengan hydrocyanic acid, yang berakibat fatal jika dikonsumsi. Racunnya menginfeksi sistem pernapasan dan mengakibatkan sesak napas seperti tercekik.




Monkshood


Biji dari buah yang berasal dari Amerika Utara ini adalah racun yang sangat berbahaya bagi manusia, meski burung bisa memakannya. Moonseed dengan nama LatinMenispermum candense awalnya menyebabkan kelumpuhan dan lebih fatal lagi pada dosis yang lebih banyak dan apabila tidak diobai dengan segera.



Nightslade



Tanaman ini juga dikenal sebagai cherry setan, cherry hitam, great morel, dan belladona, semua bagian nightsade beracun. Mengandung atropin, alkaloid mematikan, siapa saja yang terinfeksi sedikit saja akan segera menyadari mereka telah kehilangan suaranya. Masalah pernapasan dan kejang-kejang kemudian akan mengikutinya. Tanaman ini menjadi masalah karena buahnya yang sangat manis dan menarik hati anak-anak. Anehnya, kuda, burung, domba, dan babi seperti kebal terhadap efek racun nightsade ini. Racun nighsade dapt diobati dengan zat emetic (pendorong muntah) jika dilakukan dengan segera. Konon racun tanaman ini pernah digunakan untuk melumpuhkan musuh ketika tentara kerajaan Macbeth meracuni pasukan Danes denga menjamu mereka dengan anggur dari sejenis buah manis.



Rhubarb Pie



 beberapa orang menikmati dengan memakan batang tanaman ini dalam hidangan penutup seperti Rhubarb Pie, tapi makan daun Rhubarb bisa berakibat fatal. Makan dalam jumlah besar daun mentah atau dimasak menyebabkan kesulitan bernapas, mulut terbakar dan tenggorokan. Gejalanya akan terasa setelah satu jam makan daun dan menyebabkan kejang-kejang, perdarahan internal, koma, dan kematian. 

Pokeweed

Begitu indah tapi begitu mematikan. Tanaman bunga ini mungkin bagian yang paling beracun tetapi masih dapat melakukan beberapa kerusakan. Bila tertelan, korban akan menderita muntah-muntah atau muntah. Gejala kemudian akan berkembang menjadi keringat, kejang, tremor, diare, muntah darah dan reaksi ekstrem termasuk kelemahan, memperlambat pernapasan, pusing, koma, dan kematian.



English yew

English Yew adalah asli Eropa, Afrika Utara dan Asia Barat Daya.Ini adalah pohon kecil yang memiliki biji tertutup dalam, lembut merah, berry seperti baju besi. Berry armor adalah bagian satunya buah yang tidak beracun dan ini memungkinkan burung untuk makan buah dan menyebar benih tanpa efek sakit.

Dibutuhkan dosis sekitar 50g untuk membunuh manusia. Gejala termasuk kesulitan bernapas, tremor otot, kejang, kolaps dan akhirnya gagal jantung. Dalam kasus-kasus keracunan yang parah, kematian berlangsung begitu cepat sehingga gejala lainnya tidak tampak.




Water hemlock



Water hemlock , atau ubi racun, adalah sekelompok tanaman yang sangat beracun yang asli dari daerah beriklim sedang di belahan bumi utara. Tanaman memiliki bunga putih yang sangat khas atau hijau kecil, dalam bentuk payung. Hemlock dianggap tanaman di Amerika Utara yang paling beracun karena sangat fatal bagi manusia. Tanaman mengandung racun bernama cicutoxin yang menyebabkan kejang.



Racun ini ditemukan di semua bagian tanaman tetapi sebagian besar terkonsentrasi di akar, yang paling kuat di musim semi. Selain kejang spontan, gejala lain termasuk mual, muntah, sakit perut, tremor dan kebingungan. Kematian biasanya disebabkan oleh kegagalan pernafasan atau fibrilasi ventrikel dan dapat terjadi hanya beberapa jam setelah konsumsi.

Castor bean ( biji kasturi)

enis tanaman berbunga dalam keluarga spurge, Euphorbiaceae. Ini milik genus monotypic, Ricinus, dan subtribe,Ricininae. Evolusi jarak dan hubungannya dengan spesies lain saat ini sedangdipelajari. Benih adalah biji jarak yang, meskipun namanya, bukan kacang benar. Castor adalah asli ke tenggara Mediterania Basin, Afrika Timur, dan India, tapi tersebar luas di seluruhdaerah tropis (dan banyak ditanam di tempat lain sebagai tanaman hias). Biji jarak adalah sumber dari minyak jarak, yang memiliki berbagai macam kegunaan.Benih mengandung antara 40% dan 60% minyak yang kaya akan trigliserida, terutamaricinolein. Biji mengandung risin, racun, yang juga hadir dalam konsentrasi yang lebih rendah di seluruh pabrik.Lain spesies tanaman, Fatsia japonica, adalah sama dalam penampilan dan dikenal sebagai tanaman minyak jarak palsu 

Rosary pea kacang polong rosary

Rosary Pea , juga dikenal sebagai mata Kepiting atau Jumbie manik, adalah pendaki abadi ramping yang tumbuh di sekitar pohon-pohon, semak dan pagar tanaman.

Tanaman ini asli Indonesia, tetapi tumbuh di sebagian besar dunia. paling dikenal karena bijinya, yang digunakan sebagai manik-manik, dan memiliki warna merah terang untuk mengatur warna dengan bercak hitam tunggal . Racun yang terkandung dalam tanaman (abrin) sangat mirip dengan racun risin, ditemukan di beberapa tanaman beracun lainnya. Ada satu perbedaan utama antara racun-racun, dan itu adalah bahwa abrin adalah sekitar 75 kali lebih kuat dari risin.

Ini menyimpulkan bahwa dosis mematikan jauh lebih sedikit, dan dalam beberapa kasus sesedikit 3 mikrogram bisa membunuh manusia dewasa. Menggunakan biji manik-manik bahkan menimbulkan ancaman besar, karena daalam beberapa kasus para pembuat terkena serpihan buah waktu mengebor untuk membuat lubang tali dalam biji.



Racun bushman


Racun bushman ini terkenal digunakan oleh suku Khoisan di Afrika Selatan sebagai obat racun untuk anak-anak panah mereka. Meski tanaman ini berbunga harum dan buahnya yang enak, tetapi getahnya merupakan racun berbahaya. Daun-daunnya sendiri bisa dijadikan bahan obat-obatan. Racunnya ini juga dikenal dengan sebutan “wintersweet”.


Belladonna


Belladonna, juga dikenal sebagai Setan berry, ceri kematian atau nightshade yang mematikan, adalah asli ke Eropa, Afrika Utara dan Asia Barat.

Ini juga merupakan salah satu tanaman dunia yang paling beracun karena mengandung alkaloid tropane, beberapa di antaranya menyebabkan mengigau dan halusinasi. Gejala lain dari keracunan Belladonna termasuk kehilangan suara, mulut kering, sakit kepala, kesulitan bernafas dan kejang-kejang. Seluruh tanaman beracun, namun buah biasanya menjadi risiko terbesar, karena rasanya manis dan cenderung menarik perhatian anak-anak. 10 – 20 buah bisa membunuh orang dewasa, tapi hanya perlu 1 daun (di mana racun jauh lebih terkonsentrasi) untuk membunuh seorang pria dewasa.

Anehnya, ratu Elizabeth (1500) menggunakan Belladonna sebagai bagian dari rutinitas harian kosmetiknya. Mereka menggunakan tetes terbuat dari tanaman sebagai obat tetes mata, untuk melebarkan pupil mereka, yang dianggap menarik banyak manusia belum tahu kala itu,karena para wanita juga minum sianida, atau “bled”untuk mendapatkan warna, kulit pucat tembus, di samping melukis wajah mereka putih dengan cat disebut Cerise.

Jarak


Tanaman jarak yang berasal dari cekungan Mediterania, Afrika dan India, namun secara luas ditanam sebagai tanaman hias.Sebuah toksin yang disebut risin ditemukan di seluruh tanaman, tetapi terkonsentrasi dalam biji / kacang (bahan untuk minyak jarak ). Satu biji mentah cukup untuk membunuh manusia dalam 2 hari, yang membuat kematian, panjang menyakitkan dan tak terbendung. Gejala pertama akan dialami dalam beberapa jam dan akan termasuk sensasi terbakar di tenggorokan & mulut, sakit perut, diare berdarah dan muntah.

Proses ini tak terbendung dan penyebab akhir kematian karena dehidrasi.Anehnya, manusia yang paling sensitif terhadap benih-benih ini, karena dibutuhkan 1-4 untuk membunuh manusia dewasa penuh, 11 untuk membunuh anjing dan 80 benih untuk membunuh bebek. Tanaman jarak saat ini memegang Rekor dari Guinness World Record sebagai tanaman paling beracun di dunia !!!



Manchineel (Hippomane Mancinella)

Pohon Manchineel, Hippomane mancinella, adalah jenis tanaman berbunga dalam keluarga spurge (Euphorbiaceae), asli ke Florida di Amerika Serikat, Kepulauan Bahama, Karibia, Amerika Tengah, dan utara Amerika Selatan.  Nama "manchineel"(kadang-kadang ditulis" manchioneel ") serta julukan tertentu mancinella adalah dariSpanyol Manzanilla (" apel kecil "), dari kemiripan dangkal buah dan daun dengan pohon apel. Sebuah nama masa kini Spanyol sebenarnya Manzanilla de la Muerte, "apel kecil kematian". Hal ini mengacu pada fakta bahwa manchineel adalah salah satu pohon paling beracun di dunia.



Dumb Cane (Dieffenbachia)


adalah genus tanaman tropis dalam Keluarga Araceae terkenal karena daunnya bermotif. Anggota dari genus ini yang populer sebagai tanaman hias karena toleransi mereka untuk naungan. Nama umum adalah "tongkat bisu" karena efek keracunan pada tenggorokan karena raphidesParadieffenbachia disebut oleh Heinrich Wilhelm Schott, direktur kebun raya di Wina, untuk menghormati kepala tukang kebun nya Joseph Dieffenbach (1796-1863).









This entry was posted on 2:50 AM and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.